Loading...

TENTANG RIM LIGHT

Mungkin anda baru mendengar istilah ini, kemudian anda bertanya-tanya apa sih “RIM LIGHT” itu…??
Ada hubungannya dengan photography atau tidak ?? cahaya yang seperti apa sih RIM LGHT itu…??
Baiklah… untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas marilah kita bahas apa yang dimaksud dengan RIM LIGHT itu dan bagaimana cara menghasilkannya.
RIM LIGHT istilah mudahnya adalah cahaya yang membuat garis disekeliling objek dan membentuk sisi/tepi objek tersebut. RIM LIGHT bisa tejadi jika cahaya yang datang dari samping atau belakang objek lebih kuat dari cahaya didepan yang mengenai objek tersebut (main light).
Indikasi sebuah objek terkena RIM LIGHT adalah bagian sisi/tepi objek terlihat bersinar dan menyala karena objek dilingkupi oleh cahaya yang kuat. Biasanya juga akan terlihat pada rambut seorang model/objek.


HAIR RIM LIGHT
Tehnik ini banyak digunakan dalam studio untuk memisahkan antara background dengan objek utama/model. Kebanyakan lighting di letakkan disamping atau dibelakang objek agar antara objek dengan background terlihat nyata terpisah dan biasanya diarahkan ke rambut model.
Kalau begitu apa bedanya antara RIM LIGHT dengan SILUET..?? karena dua tehnik ini sama-sama menggunakan cahaya dari samping atau dari belakang objek yang kita foto…?
RIM LIGHT sangat berbeda dengan SILUET karena siluet kebanyakan mengambil cahaya dari belakang objek dengan maksud menghasilkan foto objek yang hitam dan lebih mirip dengan bayangan dan menimbulkan efek misterius. Sedangkan dalam kasus RIM LIGHT kita masih menggunakan cahaya yang di arahkan ke suatu objek (FILL IN) namun dalam intensitas rendah dan FILL IN ini harus lebih rendah dari cahaya yang datang dari samping atau belakang objek tersebut.
Semoga bermanfaat, maju terus photography Indonesia…

1 komentar:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya Indonesia

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

 
TOP