Loading...

4 Street Photography Tips



Street Photography atau yang lebih dekenal sebagai photography ajalan merupaka salah satu bagian dari dunia photography. Mengapa disebut sebagai “Street Photography” atau Photography Jalanan ?. Hal ini dikarenakan kita objek yang kita potret adalah keseharian  atau segala kegiatan yang memang terjadi ditempat umum.
Street Photography sangat erat kaitannya dengan Human Interest , Potrait dan Snap Shot. Oleh karena itulah bagi anda yang sering melakukan pengambilan foto yan bertajuk HI dan Potrait maka dalam melakukan “Street Photography” anda sudah memiliki modal yang cukup karena “Street Photography” kebanyakan objek yang difoto adalah manusia yang sedang beraktifitas dijalanan. Tips membuat foto human Interest.
Namun jangan salah mengartikan “Street Photography” dengan berpikiran bahwa hal ini mudah dilakukan, terutama bagi yang pertama mencoba melakukannya. Ada beberapa faktor yang membuat kita cukup kesulitandalam melakukan “Street Photography” ini diantaranya adalah rasa malu yang menyertai pada saat kita mencoba membidik sasaran yang kita inginkan.
Berikut akan coba saya paparkan 4 tips dalam “Street Photography”.  Sehingga nantinya kita akan menghasilkan foto jalanan yang baik..
1.     Potrait Jalanan
Ini terjadi ketika anda meminta seseorang untuk dijadikan objek dijalan. Hal ini adala proses sederhana, mudah dan cepat. Selain akan mendapatkan beberapa foto ini juga akan memberikan anda sebuah pengalaman yang berharga bagaimana cara terbaik untuk cepat menjadi nyaman disekitar orang asing dijalan. Mulailah dengan memilih orang yang pakaiannya mencolok. Orang-orang yang penampilannya mencolok biasanya ingin ilihat dan difoto dan dengan memulai dari mereka maka nantinya anda akan mudah untuk melanjutkan kepada orang yang berpakaian biasa.

2.     Tentukan Spot

Menentukan spot ini sangat penting untuk keberhasilan “Street Photography” anda. Spot yang dimaksud disini adalah spot yang membuat orang-orang mendatangi anda. Karena jika anda terus menerus bergerak maka anda akan sangat sulit untuk melihat moment.
Carilah titik yang banyak orang lalu lalang dengan background yang menarik. Tunggulah orang-orang mendatangi/menuju anda. Dalam hal ini anda akan merasa lebih nyaman meskipun dalam keadaan anda terlihat oleh objek yang anda foto.



3.     Gunakan Lensa Kit atau Wide
 Mengapa harus menggunakan lensa wide/kit…? Mengapa tidak menggunakan lensa zoom…?
Bukankah dengan menggunakan lensa zoom akan lebih mudah untuk menembak objek sasaran kita….? Inilah yang mungkin akan muncul dibenak anda.
Inila yang yang akan menjadi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas. Dengan menggunakan lensa zoom yang kebanyakan mempunyai ukuran yang panjang maka anda akan cukup kesulitan dalam meleburkan diri terhadapa suasana jalanan. Disamping itu saya yakin pada saat anda turun kejalan dengan menggunakan lensa zoom dengan ukuran yang panjang maka anda akan menjadi pusat perhatian dari pengguna jalanan tersebut. Bukankah itu merepotkan anda….?

4.     Percaya Dirilah
Ini merupakan salah satu kunci dari suksesnya “Street Photography” yang anda lakukan. Ini sangat menarik, ketika Anda terlihat percaya diri, seperti Anda tahu apa yang Anda lakukan, maka orang akan mengabaikan Anda, bahkan jika Anda sedang menenun jalan di sekitar trotoar. Justru ketika Anda melihat cemas  orang akan mulai melihat Anda karena mereka akan menangkap kecemasan itu. Setelah semua, jika Anda melihat gugup maka Anda harus melakukan sesuatu yang salah, kan? Dan jika Anda melihat percaya diri maka Anda harus melakukan sesuatu yang baik.

Inilah 4 tips bagi anda yang memulai melakukan “Street Photography”. Semoga bermanfaat…. Salam Jepret….. Maju terus Photography Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP