Loading...

Bagaimana setting Nikon D50 Untuk Night Photography

Mencoba mengambil foto malam hari dengan menggunakan Nikon D50 tanpa menggunakan aturan yang tepat akan membuat kita frustasi dengan hasil yang didapat. tidak sedikit hasilnya blur, shake, noise dan lain-lain hanya di sebabkan pengaturan kamera yang tidak benar.
Jika kita mengetahui Bagaimana cara setting kamera Nikon D50 dan menggunakannya untuk Night Photgraphy, maka tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan foto-foto malam hari yang indah. dan itu mungkin akan keluar dari  pengaturan " Auto Expusure "
Mari kita Lanjutkan............. :)

Sebagai Seorang Pemula juga jangan dianggap saya lebih baik atau lebih tinggi ilmunya daipada teman-teman sekalian. Sekedar sharing dan berbagi..
1. Tripod :  Tripod sangat mutlak diperlukan dalam memoto malam hari, lebih-lebih jika yang difoto adalah jenis foto landscape. ini akan membantu kita dari beberapa masalah hasil foto. diantaranya Fotonya goyang 
( shake ). Letakkan Kamera diatas Tripod...
2. ISO 400 :  Menurut yang saya ketahui, pengaturan ISO ke 400 adalah perhitungan yang tepat untuk memoto pada malam hari. Meskipun ini bisa kita atur sesuai kebutuhan.
3. Aperture Priority   :  Putar Pada Pilihan Mode "A" ini lebih dikenal sebagai Aperture Priroty. Pada mode ini  shutter speed (S) akan d tentukan oleh kamera sesuai dengan keadaan intensitas cahaya di tempat tersebut, namun kita bisa mengatur Diafragma (F) sebagai penentu ketajaman hasil foto kita.
4. Melalui Viewfinder ( jendela bidik ) atur lah bukaan/Diafragma (F) menjadi 16. ini akan menghasilkan foto yang secara keseluruhan tajam.
5. Mulailah menekan shutter, namun biasanya jika kita menggunakan jari untuk menkan shutter di body kamera, maka akan terjadi sedikit getaran. Sekecil apapun getaran pada kamera dengan Shutter Speed (S) yang rendah akan menyebabkan foto buram (shake), untuk ini aksesoris tambahan berupa " release shutter " diperlukan, namun ada tips jika seandainya kita belum mempunyai " Release Shutter"  Kita bisa menggunakan fitur "Self Timer" untuk menghindari shake pada foto kita, setidaknya meminimalisasi.
6. Lihat hasil foto anda, periksa kekurangannya. Jika masih terasa gelap atau malah terasa terlalu terang, anda bisa mengubahnya dengan menekan tombol F kemudian anda geser kekiri atau kekaana sesuai dengan kebutuhan anda.
anyway... AYO JEPRET ALL......... :)

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP