Loading...

Cara Menghasilkan Foto Baik


Menghasilkan foto yang baik….??? Bagaimana tuh…??? Kok hasilnya beda padahal merek kamera, setting  dan spotnya sama.
Mungkin pertanyaan-pertanyaan diatas sering didengar oleh kita, apalagi saat hunting bareng dan itu kadang membuat kita pusing dengan hasil foto yang berbeda dengan teman kita tadi.
Sebenarnya ada banyak cara untuk dapat menghasilkan foto yang baik. Jam terbang dan pengalaman mungkin juga berpengaruh dalam hal ini. Untuk itu mari kita bahas bagaimana cara menghasilkan foto baik ini.
Kita mulai Oke…..
1.       Fokus dengan benar. Dengan pencahayaan yang baik, anda selalu dapat mengandalkan autofocus. Untuk hasil yang maksimal, jangan mempercayakan pada kamera yang memilih titik fokus. Gunakan titik fokus tunggal, fokuskan kamera pada objek yang anda ingin kan dengan menekan shutter setengah jalan. kemudian ubah komposisi.

2.       Untuk mencegah goyang (shake) anda bisa menggunakan tripod karena bagaimanapun kekuatan tangan kita ada batasnya. Namun tidak setiap foto shake itu dosa. Silakan baca artikel foto shake… siapa takut…???
3.       Matikan fitur Image Stabilizer/VR jika anda menggunakan tripod.
4.       Hindari penggunaan mode auto.

5.      Jika memungkinkan jangan menggunakan flash karena warna yang ditangkap kamera akan lebih natural jika tanpa flash. Namun pada konsep-konsep tertentu flash malah bisa memberikan peranan penting.
6.     Tidak diharamkan menggunakan photoshop. Namun jangan jadi kebiasaan karena anda adalah photographer bukan photoshoper.
7.     Hindari Over Exposure karena detail akan hilang. Ini bisa disiasati dengan memahami settingan shutter speed, bukaan (f) dan ISO.
8.       Jika tidak mempunyai release shutter anda bisa mensiasatinya dengan timer. Biasanya ini digunakan dalam situasi medan yang Under Exposure.
Cukuplah dengan 8 tips ini, semoga ada manfaatnya. Salam jepret. Maju terus photography Indonesia...

1 komentar:

  1. nice artikel. cukup memberi pencerahan. foto di gallerinyyay bagus-bagus salam kenal

    ReplyDelete

 
TOP