Loading...

7 tips mengambil foto di pantai


Siapa yg tidak tahu bahwa pantai adalah sebuah objek buatan Tuhan yang sangat indah jika dituangkan dalam sebuah karya photography. Kali ini kita akan mencoba membicarakan 7 tips mengambil foto di pantai.
Tidak di pungkiri pantai adalah objek yang indah dan sayang untuk disia-siakan jika kita berkunjung kesana tanpa membawa oleh-oleh berupa foto yang akan mengabadkan keindahan pantai tersebut.
Mari kita lihat lebih lanjut apa saja 7 tips mengambil foto di pantai tersebut agar foto-foto kita nantinya tidak hanya sebatas foto, namun akan memuat sesuatu yang berbeda dari karya foto yang kita hasilkan.
1.       Perhatikan Focal Point.
Focal point adalah objek yang paling menonjol dalam suatu foto, dimana mata yang melihat foto kita akan dituntun untuk melihat benda ini untuk pertama kalinya. Kebanyakan orang menyebut focal point sebagai POI (Point Of Interest). Ada baiknya anda juga membaca tentang "Menggunakan Focal Point dalam Photography"
2.       Pentingnya Timing.
Pagi dan sore hari adalah waktu yang ideal bagi photographer dalam melakukan pemotretan karena matahari yang bersinar pada sudut  tertentu dan bayangan yang dihasilkan biasanya akan membuat dimensi yg berbeda dengan beberapa angel yang berbeda juga.
3.       Perhatikan Horizon.
Banyak orang bermasalah dengan horizon ini. Yaitu garis horizontal yang membagi atau membatasi antara lautan dengan langit/awan.



4.       Gunakan Spot Metering
Mengapa menggunakan mode ini…? Karena dengan metering Mode Spot ini kita akan lebih mudah untuk memfokuskan ke arena yg lebih gelap atau lebih terang, dan menghindari terjadinya over exposure (OE).
5.       Fill in Flash.
Ini biasanya digunakan untuk memotret model dipantai agar kita bisa mendapatkan detail model dengan awan yang tidak over exposure. Jika mengambil matering dan fokus pada diri model.
6.       Ekperimen menggunakan filter
Filter yang direkomendasikan biasanya adalah
a.       UV (ultra violet)
b.      Polarizing Filter
c.       CPL
Untuk macam-macam filter dan kegunaannya bisa anda baca artikel

7.       BW (black and white).
Langit yang cerah dan air laut yang biru merupakan daya tarik tersendiri bagi photographer untuk menuangkan karya mereka dengan warna-warna indah tersebut. Namun cobalah anda bereksperimen dengan foto yang hanya menghadirkan dua warna. Yaitu hitam dan putih kita lihat apa yang terjadi.  
Inilah 7 tips mengambil foto di pantai perlau anda ketahui apa yang saya tulis disini tidak bersifat mutlak, karena photography itu bebas dan tidak terikat. Semoga bermanfaat. Salam jepret, maju terus photography Indonesia.





2 komentar:

  1. beraaaattttt....... Hebat masta....

    ReplyDelete
  2. khairullah : makasih sdh berkunjung... kita belajar bersama okey.... :)

    ReplyDelete

 
TOP