Loading...

Menggunakan Focal Point dalam Photography

Pernahkah anda bertanya pada diri anda disaat akan menekan shutter kamera anda dengan pertanyaan sebagai berikut….

"Apa Focal Point dalam foto ini”

Beberapa cara lain untuk mengajukan pertanyaan yang sama mungkin termasuk – Apa Fokus utama dalam foto ini? Apa yang akan menarik mata orang yang melihat dari gambar ini? Benda apa yang menonjol yang ada dalam foto ini? Subjeknya apa ya..?

Alasan mengapa focal point sangat penting adalah bahwa ketika Anda melihat sebuah gambar, mata Anda biasanya akan ditarik atau di tuntun untuk melihat benda itu untuk yang pertama kalinya. Tanpa itu Anda akan menemukan orang-orang hanya akan melirik gambar Anda dan kemudian beralih gambar yang lain atau gambar selanjutnya.
Setelah Anda telah mengidentifikasi titik yang menarik atau focal point maka Anda harus bertanya pada diri sendiri bagaimana Anda dapat meningkatkan itu.




6 Teknik untuk Meningkatkan Focal Point dalam suatu Foto

Sebuah titik fokus dapat hampir apa saja mulai dari seseorang, untuk membangun, untuk gunung, bunga dan lain-lain yang akan menarik titik fokus yang lebih baik dalam foto anda - tetapi ada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan itu termasuk: 

    * Posisi - Tempatkan dalam posisi terkemuka - Anda mungkin ingin memulai dengan aturan pertiga untuk beberapa ide.
    
* Fokus - Belajar menggunakan Depth of Field untuk mengaburkan aspek-aspek lain di depan atau di belakang titik fokus Anda.
    
* Shake anda bisa bereksperimen dengan membuat foto objek yang sedang bergerak denga menggunakan shutter yang rendah namun objek utamanya tetap diam dan tajam
    
* Ukuran - membuat titik fokus Anda besar tidak satu-satunya cara untuk membuatnya menonjol - tetapi pasti dapat membantu.
    
* Warna - menggunakan warna-warna kontras juga dapat menjadi cara setting point yang Anda minati terpisah dari lingkungan itu.
    
* Bentuk - bentuk dan tekstur yang kontras sama dapat membuat subjek menonjol - terutama pola yang diulang-ulang di sekitar subjek.

-->
Perlu diingat bahwa kombinasi dari unsur-unsur di atas dapat bekerja sama dengan baik.

Terakhir - tidak membingungkan orang yang melihat foto anda dengan terlalu banyak titik fokus yang mungkin membanjiri titik fokus utama. Poin sekunder yang menarik dapat membantu untuk memimpin mata tetapi terlalu banyak orang yang kuat hanya akan kekacauan dan membingungkan.
Semoga bermanfaat..
Tinggalkan komentar jika anda menyukai artikel ini

7 komentar:

  1. Beuh,,, fotografer pro pinanya udah sidin,, pantes dulu pic pertama yg di share di Grup bagus Bonor :)

    Sukses sagan domain hanyarnya lah

    ReplyDelete
  2. keren angle n komponya, nice view salut tonenx !

    ReplyDelete
  3. berkat bimbingan pian Bang ae...mohon doanya jua.. blogger + fotografer... :)

    ReplyDelete
  4. keren foto-nya... ufts... dimana lokasi foto-nya tu ?

    ReplyDelete
  5. RedZone IT : terimakasih... semoga berkenan
    syam12 : terimakasih atas kunjungannya. foto2nya banyak aq take didaerah kalsel. kbnykan dkt skali jrknya dr rumah aq.... :)

    ReplyDelete

 
TOP