Loading...

Cara Membuat Hairlight dengan Menggunakan Cahaya Alami


Kontras bisa membuat foto potrait menjadi baik. Kontras adalah perbedaan yang Nampak antara highlight dan shadow sehingga membuat objek foto kita menjadi menonjol.
Salah satu cara yang bagus untuk menonjolkan objek portrait kita adalah dengan backlight/hairlight. Cahaya yang datang dari belakang itu disebut dengan backlight kemudian menimpa rambut objek dan dan membuat lingkaran ditepi rambut objek tersebut. Ini yang dinamakan dengan hairlight. Adanya hairlight ini akan membuat kontras dan menunjukkan batas yang sempurna antara objek dengan latar belakang. Berikut beberapa tips dalam Cara Membuat Hairlight dengan Menggunakan Cahaya Alami.
1.      Sumber Cahaya
Pada kasus ini kita menggunakan cahaya matahari sebagai pencahayaan utama. Usahakan cahaya matahari yang datang mempunyai sudut yang rendah. Maka sebaiknya pemotretan dilakukan pada pagi atau sore hari. Keadaan angin juga perlu kita perhatikan karena dengan menghasilkan foto yang memperlihatkan rambut model diterpa angin akan membuat nilai lebih pada foto anda. Ketahuilah bahwa anngin bertiup dari timur pada saat pagi hari dan bertiup dari arah barat pada saat sore hari.
2.      Latar belakang yang agak gelap
Mengapa harus latar belakang yang agak gelap? Ini dikarenakan agar tepi cahaya pada rambut objek terlihat menonjol. Latar belakangnya tidak harus benar-benar gelap, sedikit lebih gelap daripada objek sudah mencukupi dalam hal ini.
3.      Cara menempatkan objek
Ini merupakan bagian akhir dari usaha kita mendapatkan hairlight yang bagus.
Hal ini juga nerupakan satu elemen penting sehingga usahakanlah menempatkan sumber cahaya yang berupa matahari tepat dibelakang objek atau searah dengan latar belakang yang gelap tersebut.
Selanjutnya tentukan posisi anda. Pastikan untuk tidak menembak langsung kematahari agar efek flare dari bias cahaya matahari yang masuk kekamera anda tidak terjadi. Hood bisa digunakan untuk menghindari hal ini. Namun pada beberapa konsep, efek flare ini akan menimbulkan mood yang berbeda pada foto anda. Tergantung apa konsep dan perencanaan anda sebelumnya.
Semoga berguna….. salam jepret….. maju terus photography Indonesia…

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP