Loading...

3 Kesalahan Umum yang Sering dilakukan Photographer

Pepatah mengatakan Orang Pintar Belajar dari kesalahan yang mereka perbuat. Orang bijak belajar dari kesalahan orang lain. Postingan kali ini akan mengidentifikasikan beberapa kesalahan photography yang umum dilakukan oleh  seorang photographer. Baik itu photographer yang mulai belajar maupun mereka yang sudah menjadi photographer profesional.
Diantara kesalahan yang sering dilakukan seorang photographer adalah :
1.      Cepat Menyerah
Banyak orang melakukan kesalahan ini. Mereka menginvestasikan tidak sedikit dari uang mereka dengan mempelajari teknik photography yang benar. Namun setelah sekian lama waktu berjalan antusiasme pada dunia photography menjadi berkurang. Ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor dimana sisi komersil dari dunia photography yang tidak diperoleh.

2.      Menggunakan Lens Wide Angle untuk Potrait.
Efek distorsi sangat tidak menarik jika digunakan untuk mengambil potrait photo. Objek seolah-olah akan menjadi karikatur. Namun jika anda memang mempunyai tujuan menampilkan distorsi pada objek photo anda, ini sah-sah saja anda lakukan. Namun dalam sisi komersil anda akan mendapatkan komplain dari klein anda.


3.      Foto Shake dan kabur
Ini  pasti pernah dilakukan oleh semua photographer. Terutama saya sendiri. Pada shutter speed yang lambat anggap lah 1/8 atau bahkan 1/100 biasanya mendapat goncangan(shake)   dari foto yang kita hasilkan.
Cara mensiasati adalah menahan sekuat mungkin agar kamera kira tidak bergetar. Biasanya mengunakan tripod dapat membantu. Namun pada kamera dan lensa yang canggih biasanya sudah dilengkapi dengan fitur anti-getar untuk mengurangi efek goncangan pada saat kita mengambil sebuah foto.

Inilah 3 kesalahan umum yang sering dilakukan photographer. Silakan periksa lagi file-file foto yang anda simpan. Apakah memang ini pernah anda lakukan. Berusahalah untuk memperbaikinya. Karena dengan belajar kita semua pasti BISA…
Semoga bermanfaat…. Salam jepret… maju terus Photography Indonesia….

5 komentar:

  1. artikelnya kena banget.... (y)

    ReplyDelete
  2. Memang benar, kebanyakan orang beranggapan bahwa seorang photographer itu harus memperoleh komersil daripada sebuah maha karya yang bernilai tinggi yang menjadi kepuasan tersendiri.

    ReplyDelete
  3. @anymous : terimakasih kunjungannya... :)

    ReplyDelete

 
TOP