Loading...

Cara Menentukan ISO yang Tepat untuk Fotografi Digital

"Berapa ISO yag terbaik untuk Foto saya…?"

Mengubah setting ISO pada kamera Anda berarti mengubah sensitivitas sensor kamera anda terhadap cahaya.

Semakin rendah nilai ISO maka akan semakin rendah juga sensitivitas sensor kamera anda dalam membaca cahaya.

Pengaturan ISO ini akan sangat berguna dalam keadaan cahaya yang berbeda-beda dan pada saat anda tidak menggunakan flash.

Salah satu akibat dari setting ISO ini, maka pada nilai-nilai ISO tertentu maka anda akan menemukan noise dalam hasil foto anda. Anda mungkin tidak melihat keadaan noise ini dilayar LCD kamera anda. Namun jika sudah anda lihat foto tersebut dengan menggunakan Komputer atau laptop maka noise yang dihasilkan oleh setting kamera dengan ISO tinggi akan terlihat.

Foto Noise
Ada beberapa pertimbangan atau pertanyaan yang harus anda jawab oleh diri anda sendiri sebelum anda mengutak-atik nilai ISO pada kamera anda. Baik itu akan anda naikkan atau diturunkan

Pada saat memotret dengan cahaya yang minim dan dengan objek yang dimanis biasanya saya akan menaikkan bilangan ISO pada kamera saya.

Pertimbangan lainnya adalah dimana saya tidak menggunakan tripod untuk memotret, sehingga resiko goncangan pada hasil foto bisa di minimalkan dengan menggunakan rana lebih cepat, namun konsekwensinya adalah foto yang dihasilkan akan gelap karena cayaha yang sampai pada sensor kamera akan sedikit. Menaikkan nilai ISO menjadi pilhan saya.
   
    Apakah saya memerlukan DOF yang besar ? Jika memang memerlukan maka dengan fragma yang terbuka lebar akan sangat membuat hasil foto anda seperti terbakar jika menggunakan ISO dengan nilai yang besar.
    Bisakah saya menggunakan cahaya buatan ? kadang dalam situasi tertentu cahaya buatan (flash) tidak disarankan untuk digunakan. Jika hal ini terjadi, menaikkan ISO adala pilihan saya.
    Beranikah saya dengan hasil foto yang dipenuhi dengan noise ? Kadang ada yang beberapa fotografer yang sengaja menambahkan noise pada hasil foto mereka. Sehingga akan meneghasilkan mood yang berbeda pada foto tersebut.
    Seberapa besar foto akan diperbesar? - Alasan bahwa noise tidak dapat dilihat pada LCD kamera adalah bahwa hal itu sangat kecil. Akibatnya pixel dalam gambar kecil juga dan noise tidak dapat dilihat. Hanya ketika Anda memperbesar gambar pada layar lebih besar atau dalam mencetak sehingga menjadi terlihat.  Jika anda bermaksud untuk mencetak dalam ukuran kecil, maka anda akan bisa menghindari terlihatnya noise meskipun dengan nilai ISO yang tinggi pada saat anda mengambil sebuah foto.
Perlu diingat bahwa itu hanya ketika Anda menembak dalam mode manual atau semi-manual yang Anda perlu mengubah ISO. Ketika Anda berada dalam mode otomatis atau salah satu mode preset kamera anda akan memilih salah satu terendah yang bisa untuk Anda.
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP