Loading...

Menggabungkan Aturan Komposisi untuk Meningkatkan Foto Landscape Anda


Salah satu elemen yang paling sulit dipahami dalam fotografi adalah menemukan komposisi yang tepat. Gambar dinyatakan baik namun sering terjebak dalam komposisi yang minim. Ada beberapa   aturan utama komposisi yang perlu kita sadari, dan dengan mengetahui itu semua, kemudian menggabungkannya, Anda diharapkan dapat memberikan foto lanskap yang lebih menarik.



Aturan pertama dan paling mendasar adalah Aturan Sepertiga. Aturan ini menyatakan bahwa hanya unsur-unsur kepentingan dalam foto Anda harus diposisikan sepertiga dari jalan dari atas, bawah, kiri atau kanan gambar. Unsur kepentingan utama harus diposisikan di persimpangan tersebut pertiga. Pengalaman pribadi saya Aturan pertiga cenderung menjadi aturan pertama saya ketika melihat dan akan menyusun komposisi dari foto saya. Namun setelah melihat hasil foto-foto saya, saya menemukan foto-foto saya yang terbaik bagi diriku terjadi ketika saya mampu menggabungkan aturan pertiga dengan aturan lainnya. Aturan-aturan ini termasuk menggunakan baris terkemuka, menggunakan ruang negatif, dan menggunakan framing. 



Gunakan ruang negatif untuk membantu subjek Anda menonjol. Terlalu sering fotografer mencoba untuk menghilangkan ruang negatif, hanya karena tidak ada kepentingan dalam ruang tersebut. Ruang negatif biasanya daerah dalam gambar dengan apa-apa di dalamnya tidak terlalu di tonjolkan misalnya langit yang kosong, daerah bayangan gelap, hamparan datar tanah. Namun,  ruang negatif dapat digunakan untuk kontras terhadap subjek Anda, memastikan mata pemirsa berjalan tepat di mana Anda inginkan. Idealnya, subjek Anda harus menunjuk ke ruang negatif, untuk memimpin mata Anda ke dalam komposisi.
Memimpin garis lain adalah alat yang sangat baik untuk digunakan untuk membantu menarik perhatian ke subjek Anda. Idealnya garis-garis yang dibuat oleh unsur-unsur lain dalam komposisi Anda dan membantu mengarahkan mata pemirsa yang tepat untuk subjek Anda. Garis Memimpin dapat membantu menciptakan kedalaman bila digunakan untuk memimpin mata ke dalam bingkai, memberikan nuansa dimensi sampai lebih tiga pada sebuah gambar.


Sebuah cara yang sangat efektif untuk menarik perhatian ke subjek Anda adalah dengan menggunakan unsur-unsur lain untuk bingkai dalam gambar. Framing dapat digunakan untuk membantu menjaga kepentingan tempatnya, dan menjaga mata pemirsa agar tidak menjauh dari point penting foto kita. Framing dapat menambahkan konteks untuk gambar. Misalnya, pohon-pohon di tepi gambar, framing dari sebuah danau, atau puncak gunung, memberikan rasa dimana fotografer ketika dia sedang mengambil gambar.


Menghilangkan unsur-unsur menghilangkan konteks. Ini tidak selalu buruk, tetapi variasi lain untuk dipertimbangkan ketika memotret di lokasi. Saya sering bingung jika ada sebuah pohon dijalan, sehingga saya tidak bisa mendapatkan tampilan yang saya inginkan karena bangunan yang akan menjadi objek utama dalam foto saya berada dijalan. Kemudian saya menyadari bahwa saya bisa menggunakan pohon sebagai media tambahan dalam sebuah foto tersebut

Dengan menjaga keempat pedoman komposisi sederhana dalam pikiran pada saat pengambilan gambar, Anda dapat membuat berbagai gambar dari subjek yang sama, meningkatkan rasio kiper Anda menemukan gambar Anda mungkin tidak menemukan sebaliknya.

 Semoga bermanfaat.... salam jepret.. maju terus photography Indonesia

1 komentar:

  1. Artikel yg bagus. Ditunggu karya selanjutnya

    ReplyDelete

 
TOP