Loading...

Candlelight Photography Tips


Candlelight atau dalam bahasa Indonesianya adalah lilin merupakan suatu objek yang indah jika kita jadikan sebuah karya photography. Tone warm yang muncul dari sebuah lilin dan menyebar keseluruh ruangan yang menjadikan komposisi foto yang dihasilkan akan bernuansa romantic, elegan dan menyimpan misteri. Namun dalam menghasilkan foto dengan objek sebuah lilin terdapat beberapa kesulitan, diantaranya adalah keterbatasan cahaya dan tone dari sebuah lilin tersebut tidak keluar sehingga mood dari foto kita juga berkurang. 

Berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda.
 
1.      Matikan Flash
Ini wajib dilakukan agar anda bisa mendapatkan tne warm yang disebarkan oleh lilin sebagai sumber cahaya utama. Karena jika anda memotret menggunakan flash maka anda akan kecewa. Ini disebabkan cahaya flash dapat mengalahkan cahaya lilin tersebut.
2.      Gunakan Tripod
Ini dimaksudkan agar meminimalkan getaran pada saat anda melakukan tembakan disaat situasi cahaya yang sangat sedikit.

3.      Gunakan Lilin Lebih dari Satu
Cahaya yang sangat sedikit dari sebuah lilin akan menjadi suatu masalah bagi anda untuk menghasilkan foto yang indah. Anda bisa menggunakan bebarapa buah lilin (banyak lilin) sebagai usaha agar cahaya yang ada lebih banyak dan keadaan menjadi lebih terang.
4.      Pertimbangkan Reflektor Alami
Reflector alami yang saya maksud adalah sebuah benda yang bisa memantulkan cahaya lilin tersebut. Diantaranya adalah taplak meja berwarna putih, dinding berwarna putih atau bahkan langit-langit yang bersifat memantullkan cahaya.
5.      Gunakan Lensa Fix
Karena lensa fix mempunyai bukaan yang lebar, sehingga cahaya akan lebih banyak masuk ke kamera anda.
6.      Shutter Speed
Perlu anda ketahui, jika anda memotret dengan lilin sebagai cahaya utamanya. Ini berarti anda sudah siap untuk bekerja dalam cahaya intensitas rendah. Tidak ada cara lain selain dengan melakukan jepretan dengan shutter yang lambat cahaya yang masuk kedalam sensor kamera anda lebih banyak.
7.      ISO Setting
ISO adalah pengaturan kamera anda agar lebih peka terhadap cahaya. Semakin tinggi iso yang anda set, maka semakin peka terhadap cahaya yang ada. Hasil foto anda akan semakin terang, namun biasanya semaki tinggi iso yang digunakan semakin banyak pula Noise pada foto anda.
8.      White Balance
White akan berpengaruh kepada tone foto yang kita hasilkan. Cobalah untuk tidak menggunakan mode auto dalam kerja anda memotret lilin.
9.      Gunakan Flash dengan Gel
Ini merupakan pengecualian dari Point nomor 1 diatas. Menggunakan flash dengan gel didepannya akan membuat cahaya dari flash kita tidak mengganggu tone dari cahaya lilin yang tersebar diseluruh ruangan cobalah untuk menggunakan gel yang senada dengan cahaya ruangan tersebut dan settinglah kekuatan flash anda dalam intensitas yang rendah.
Inilah beberapa tips dalam memotret lilin. Semoga bermanfaat.. Maju terus Photography Indonesia

4 komentar:

 
TOP