Loading...

TIPS MEMOTRET KUPU-KUPU


Kupu-kupu adalah makhluk kecil yang cantik namun sensitif. Jika kita dekati mereka akan terbang dengan cepat. Bahkan saat anda mendekat sekalipun mereka tetap sibuk terbang bergerak dari satu bunga ke bunga yang lain. Mereka mengumpulkan kado manis berupa nektar. Factor Inilah yang menyebabkan kita kadang-kadang kesulitan alam memotret makhluk indah ini. Berikut ada beberapa tips untuk anda yang berkeinginan untuk menjadikan kupu-kupu sebagai objek karya photography anda.
1.      Gunakan Tripod
Dalam memotret kupu-kupu usahakan anda tidak mengunci dengan kuat tripod anda. Namun biarkanlah tripod anda longgar dan elastis. Ini akan membantu anda pada saat mengikuti gerak kupu-kupu yang cepat dan tripod akan membantu kamera anda tetap stabil.
2.      Memotret Saat Cuaca agak sejuk
Kupu-kupu menggunakan hangat sinar matahari untuk memudahkan mereka bergerak. Dengan menunggu keadaan suhu lebih dingin (pagi atau sore menjelang senja), maka anda akan lebih mudah untuk mendekati makhluk ini.
3.      Arah Cahaya matahari dari Depan Objek
Pencahayaan dari samping biasanya akan menghasilkan bayangan yang keras pada sayap kupu-kupu. Oleh karena itu bersabarlah untuk menunggu cahaya matahari yang datang dari depan kupu-kupu itu sendiri.
4.      Gunakan Fast Shutter.
Ketika anda memotret kupu-kupu ada tiga elemen yang selalu bergerak yaitu : kamera, kupu-kupu dan bunga tempat kupu-kupu itu hinggap. Shutter yang cepat akan membekukan tiga elemen tersebut.
5.      Gunakan Format JPG (Optional)
Mengapa dianjurkan untuk menggunakan format jpg ini. Karena jika anda menggunakan format RAW kemungkinan untuk mengambil tembakan akan lebih sedikit. Namun ini hanyalah sebuah pilihan.
6.      Bersabarlah untuk Menunggu
Untuk memotret kupu-kupu. Disarankan untuk menunggu mereka, jadi kita tidak mengejar mereka. Ini disebabkan sifat sensitif dari kupu-kupu tersebut. 
7.      Perhatikan Bayangan Anda
Kupu-kupu menyukai Matahari. Oleh karena itu perhatikanlah bayangan anda. Jangan sampai mengenai mereka. Karena mereka akan terbang menjauhi anda.
Inilah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam memotret kupu-kupu..Semoga bermanfaat …. Salam jepret…. Maju terus photography indonesia

4 komentar:

  1. kerenn. patut dicoba ini :D

    visit back ya http://gittify.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. thks sharenx....sangt bermanfaat cappo ! salam jepret

    ReplyDelete
  3. mantap sharing artikelnya... pembelajaran yg bermanfaat...

    ReplyDelete
  4. dari dulu minat banget photografi...semoga kelak kalau sudah punya kamrea LSR tulisan ini dijadiin panduan nih...hemm.. thank's yah

    ReplyDelete

 
TOP