Loading...

3 Jalan Memahami Cahaya Alami

Cahaya adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang photographer. Baik itu cahaya alami mapun cahay buatan. Cahaya alami menurut saya adalah hal yag paling penting dari semuanya dan kita bisa mendapatkan cahaya alami tersbut dengan gratis. Salah satu cara kita meningkatkan keahlian photography kita adalah dengan cara memahami karakteristik cahaya alami tersebut, karena disamping kita tidak menentukan intensitas cahaya itu sesuka hati kita ada juga faktor yang tidak kalah pentingnya yaitu kita tidak perlu membeli peralatan cahaya buatan manusia yang harganya lumayan mahal. Postingan kali ini akan membahasa tentang 3 Jalan Memahami Cahaya Alami yang semoga akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dan skil photography kita.

1.    Memahami Perubahan Karakteristik Keadaan Cahaya
Perubahan karakteristik cahaya di sebabkan karena beberapa faktor diantaranya adalah waktu. Kita akan mendapatai cahaya yang berbeda jika kita berada pada waktu yang berbeda juga. Masih banyak lagi hal-hal lain yang membuat cahaya alami itu berubah-ubah

2.    Buang Anggapan tentang Cahaya yang baik dan cahaya yang buruk.
Banyak dari kalangan photographer yang ter-doktrinisasi dimana mereka beranggapan ada beberapa waktu dimana saat-saat  itulah cahaya alami terbaik yang yang dihasilkan oelh alam akan terbit. Diantara anggapan itu adalah saat-saat Golden-Hour adalah sat yang terbabik untk mengambil sebuah foto, adajuga yang beranggapan cahaya teburuk adalah disaat tengah hari karena pasa saat itu cahaya yang dihasilkan akan sangat keras.
Menurut saya dalam hal ini jangan kita terpaku kepada anggapan umum orang banyak. Namun cobalah untuk melihat keadaan cahaya alami yang dipadukan setting  alat (gear) yang kita punyai.

3.    Amati Cahaya Alami itu Lebih Dalam
Cobalah untuk mengamati cahaya yang ada disekitar anda. Dimana cahaya yang berinterkasi dengan partikel debu, air, asap dan pertikel-partikel lain yang mungkin akan mempengaruhi dari cahaya tersebut.

3 Jalan Memahami Cahaya Alami sudah saya beberkan dalam postingan ini dengan harapan ada manfaatnya bagi kita semua... amiiiin.. salam Jepret... Maju terus Photography Indonesia...

2 komentar:

  1. bro kayanya artikel ini berguna sekali. makasih sdh atas pembelajarannya. saya suka blog ini.

    ReplyDelete
  2. thanks so much Bro... maju terus photography Indonesia.. :)

    ReplyDelete

 
TOP