Loading...

4 aturan komposisi dalam landscape photography

Pada dasarnya saya adalah seorang yang suka dengan kebebasan, tidak terikat dengan suatu peraturan baku dalam segala aspek dan hal. Begitu pula dalam dunia photography yang sekarang saya tekuni.
Dalam landscape Photography (LS), ada beberapa aturan yang biasanya ditekankan kepada photographer dengan tujuan untuk memperbaiki komposisi dari karya landscape para landscaper.
Dalam postingan kali ini kita akan mencoba membicarakan " 4 aturan komposisi dalam landscape photography ".  Meskipun ada 4 aturan komposisi dalam landscape photography yang di bahas dalam postingan kali ini, namun tidak menutup kemungkinan untuk melanggar atau menyalahi aturan-aturan tersebut, sebagaimana saya sebutkan dalam awal-awal postingan. Karena photography itu sangat luas dan tidak akan terkekang hanya oleh "4 aturan komposisi dalam landscape photography".

1.     Garis Diagonal
Menggunakan garis diagonal dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk menarik mata orang-orang melihat sebuah gambar ke dalamnya dan titik fokus utama.
Dalam kasus ini “garis” yan dimaksud tidak selalu harus garis yang sebenarnya. Namun bisa kita ganti dengan dengan deretan pohon, perahu, bentuk jalan, pagar dan lain sebagainya.

     












2.     Bentuk geometris
Dengan menggunakan posisi atau metode geometris ini anda akan   dengan mudah menentukan komposisi yang seimbang. Mungkin cara yang paling umum dan termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan 'segitiga' bentuk antara objek dalam sebuah gambar dengan tiga objek dalam bingkai diposisikan dengan  satu untuk setiap sisi dan satu lagi pusat.
            
3.     The Rule of Thirds


Kebanyakan aturan inilah yang dipakai dalam semua jenis aliran photography dan biasanya aturan yang paling awal yang diberikan kepada para photographer yang baru memulai menggunakan kameranya. Ini termasuk suatu senjata ampuh dalam pengaturan komposisi photography landscape. Namun kadang dalam beberapa kondisi aturan ini tidak diharamkan untuk dilanggar.






4.     Framming
Menambahkan suatu objek yang menarik didepan termasuk salah satu tehnik penting dalam landscape photography. Namun perlu dingat dalam menyertakan framing dalam sebuah foto yaitu jangan sampai framing mengalahkan objek utama yang ada dalam foto kita.
Semoga bermanfaat… salam jepret




8 komentar:

  1. HI = Human interst biasanya lebih merekam tentang kegiatan manusia
    kalau LS (landscape) = lebih kepada pemandangan atau keindahan alam yang dituangkan kedalam suatu karya photography. Namun diantara beberapa cabang photography bisa kita gabung atau satukan contohnya HI + LS dll. photography disamping mempunyai beberapa aturan juga memerlukan kreatifitas.... :)

    ReplyDelete
  2. tekhnik yang paling gampang di gunakan untuk pemula agar hasilnya bagus keapa?.
    Trs lebh ke tema apa ?

    ReplyDelete
  3. untuk tema/topik...biarkan berjalan seperti air yang mengalir.. yang penting itu pelajari setting kamera dl, bs dilihat dari buku manualnya, trus bnyakin jam terbang bisa dapat feelnya... :)

    ReplyDelete
  4. bjur jua pang leh....
    Mudahan kabul hajat nah... Hheehehe....

    ReplyDelete
  5. siiiiip...insyaAllah kabul...ntar kita Hunting Bareng2.. biar rame... OK... :)

    ReplyDelete

 
TOP