Loading...

Tips Memoto Ikan

Apakah anda mempunyai ikan? Senangkah anda dengan ikan yang anda miliki? Saya yakin pasti anda senang. Pernahkah anda terpikir untuk menjadikan ikan anda sebagai objek photoragraphy yang indah…?
Jika iya maka bersiap-siaplah karena kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara menjadikan ikan sebagai objek photography yang indah…
Bisa dipastikan tripod adalah suatu alat yang mutlak anda miliki tak lupa juga kamera yang sudah disipakan dan pencahayaan. Aturlah semuanya sedemikian rupa. Anda bisa meletakkan peralatan pencahayaan (lighting) anda pada bagian atas sehingga nantinya  cahaya akan menyebar kebawah (misalnya anda menempatkan ikan tersebut dalan akuarium). Selanjutnya anda dituntut untuk berusaha membuat ikan-ikan anda nyaman dengan kamera yang sudah anda letakkan (atur).

Anda dituntut untuk tidak mengganggu ikan-ikan tersebut dengan peralatan photography yang sudah anda setting tersebut karena disinilah titik pentingnya anda akan mengabadikan keadaan ikan-ikan anda tanpa adanya keterkejutan/reflek kaget dari ikan yang akan anda foto. Gambar terang sangat diperlukan pada kasus memoto ikan ini sebagai hasil akhir karya anda.



Jika anda menggunakan kamera film. Pastikan untuk memilih yang berkecepatan ISOnya 400. Begitu pula jika anda menggunakan kamea digital, anada dapat menyetting ISO dari kamera anda ke 400 karena pada ukuran ISO 400 ini sangat bagus untuk menangkap gambar objek yang bergerak tanpa ada terjadinya blur. Pada situasi pencahayaan yang buruk, ISO 400 juga direkomendasikan.
Sekarang kita melihat kepada lensa apa yang sebaiknya digunakan dalam memoto ikan. Dalam memoto ikan kebanyakan orang menggunakan lensa yang mempunyai ukuran antara 28mm-80mm. Ada baiknya anda menggunakan TUBE jika anda akan membidik dari jarak yang dekat. Jika anda mempunyai banyak lensa, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa dari koleksi lensa anda. Jangan takut jika salah atau hasilnya kurang memuaskan. Trial dan error itu tidak jadi masalah.
Ada satu hal yang kadang terlupakan dalam memoto ikan yaitu “ BAYANGAN “. Bayangan yang timbul akibat dari cahaya atau flash yang kita gunakan. Anda bisa menunggu dalam beberapa waktu untuk mendapatkan hasil foto pada saat ikan berada jauh dari latar belakan (BG) sehingga bayangan dari ikan yang anda foto bisa di minimalisis dan ikan akan menjadi jelas dalam hasil foto anda.
Memoto ikan yang ada didalam akuarium memerlukan pencahayaan yang bagus, cahaya yang datang dari atas akuarium sangat ideal untuk memoto ikan ini. Oleh karena jika anda menggunakan alat pencahayaan tambahan, maka sudah lebih sepantasnya jika di letakkan pada bagian atas akuarium dengan memperhatikan beberapa hal-haal yang berkenaan dengan keamanan, baik itu keamanan ikan yang ada di akuariun dan juga keamanan anda sendiri sebagai photographer. Karena biasanya peralataan pencahayaan ini menggunakan energy listrik untuk menghidupkannya. Sedangkan air yang ada di akuarium adalah media penghantar listrik yang sangat baik (konduktor). Kita tidak menginginkan ikan-ikan kita yang seharusnya menjadi karya photography yang indah berbuah pada hal-hal yang tidak kita inginkan pada ikan-ikan kita terlebih-lebih pada diri kita sendiri.
Aturlah juga peralatan pencahayaan ini agar ikan tidak terkejut saat kita menekan shutter dan flash kita menyala
Dengan sekarang Anda memiliki semua yang mengatur dan siap untuk pergi. Satu-satunya hal tersisa untuk Anda lakukan adalah mengambil gambar Anda. Anda mungkin tidak akan seperti gambar Anda beberapa kali tapi dengan banyak waktu, kesabaran dan praktek, Anda akan mengambil foto besar ikan Anda. Ini kadang-kadang dapat mengambil tahun untuk menyempurnakan teknik jadi jangan berkecil hati jika tembakan awal Anda tidak berjalan seperti yang direncanakan. Terus dan terus berlatih.
Ini lah kiranya beberapa persiapan yang kita lakukan pada saat akan memoto ikan. Setelah persiapan anda matang anda tinggal melakukan pemotretan. Mungkin hasil awal tidak sebagaimana yang kita harapkan. Namun seiring waktu maka anda akan menemukan feel untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan..
Semoga bermanfaat  salam photography

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP