Loading...

Tips memoto landscape pesisir



Pesisir adalah suatu objek yang ada dipinggir pantai, pesisir juga merupakan suatu objek yang sangat bagus utuk kita eksplore dalam rangka menghasilkan foto landscape yang hasilnya bisa akan sangat memuaskan kita.
Dalam mengambil foto yang menjadikan pesisir sebagai objeknya selain kita berpedoman dan mematuhi  aturan umum pengambilan foto landscape, berikut ini akan coba dipaparkan beberapa hal lainnya tentang bagaimana kita mengambil foto dipesisir yang akan menghasilkan foto landscape pesisir.

  1.  Timing yang tepat
Pada dasarnya mengambil foto landscape yang menhadikan pesisir sebagai objeknya bisa kita lakukan setiap saat, boleh siang atau malam. Waktu yang biasanya disenangi para photographer adalah “Golden Hour” dan “Blue Hour”. 

     2.       Ekperimen menggunakan GND Filter
Ini adalah salah satu senjata pilihan landscaper. Dengan menggunakan GND filter kita akan lebih mudah mendapatkan eksposure yang tepat pada langit.

     3.       Kurangi Getaran pada kamera
      Banyak cara yang dilakukan untuk menyiasati/meminnimalisasi getaran pada kamera pada saat mengambil foto landsacape pesisir. Tripod/monopod dianjurkan dalam hal ini meskipun sekarang ada beberapa merek lensa yang menggunakan vitur VB (vibration reduction) namun peran tripod/monopod pada saat-saat seperti ini sangat diperlukan.

           4.       Jangan lupakan foreground
Ketika Anda berkonsentrasi pada warna langit yang indah dalam jam emas atau biru bisa sangat mudah untuk melupakan bahwa bunga latar depan benar-benar dapat menambahkan elemen yang menarik bagi pemandangan pantai yang tak tergantikan. 

           5.       Slow speed dan Air 
      ingatlah bahwa jika Anda mengambil foto di cahaya rendah, dengan kecepatan rana lambat maka air dapat muncul kabur atau berkabut. Secara pribadi saya seperti efek itu. Ini bisa sulit dalam cahaya rendah, jadi mungkin ide dalam hal ini untuk sampai ke lokasi ketika ada cahaya sedikit lebih sekitar. Atau Anda bisa menembak dengan bukaan (f) yang lebih luas atau meningkatkan ISO namun tidak satupun dari pilihan ini tentu bagus untuk lansdscape (tergantung keinginan anda).
  
            6.       Jangan Lupakan Hitam dan Putih
Meskipun kebanyakan foto landscape pesisir menggunakan warna dari “golden hour” atau “blue hour” sebagai kekuatannya. Jangan lupakan pula jika foto landscape pesisir juga bisa warna menggunakan hitam putih sebagai formatnya dan bahkan dengan menggunakan hitam putih hasilnya bisa lebih dramatis. Menggunakan foto hitam putih untuk foto landscape pesisir ada keuntungan tersendiri yaitu kita bisa mengambil fotonya disembarang waktu tidak terikat oleh
“golden hour” atau “blue hour”.  

7.       Turn Around                
      Pada lokasi fotografi populer di pantai sekitar waktu matahari terbenam, ada kesalahan besar Anda melihat seluruh kerumunan membuat sebagian besar waktu (dengan asumsi Anda sedang syuting di lokasi yang populer dengan fotografer). Mereka hanya melihat ke arah matahari. Cukup sering ada cahaya yang menakjubkan dalam arah yang lain juga - terutama jika ada beberapa awan di sekitar! Jangan lupa untuk setidaknya melihat apa yang terjadi di seluruh langit.
 semoga bermanfaat
       jika anda menyukai artikel ini silakan tinggalkan komentar

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP