Loading...

Bagaimana Cara Mengenalkan Photography Kepada SiKecil


Dunia dimata anak-anak adala sesuatu yang khusus. Pandangan mereka terhadap dunia sangat berbeda dengan panadangan orang dewasa. Ada kemurnian imajinasi dalam benak mereka dan kadang imajinasi mereka bisa mengalahkan imajinasi orang dewasa. Seandainya anda bereksperimen memberikan kamera kepada sikecil maka anda akan melihat betapa perbedaan perspektif dunia dalam imajinasi sikecil dengan kita yang sudah dewasa akan sangat terasa.
Bagaimana caranya kita menyalurkan kreativitas sikecil melalui photography…? Berikut ada beberapa tips yan mungkin akan berguna.

1.      Buatlah semuanya menjadi sederhana
Pola pikir orang dewasa yang rumit tentang photography sangat tidak cocok untuk dikenalkan kepada sikecil. Cobalah untuk keluar dari situasi ini buatlah photography itu mudah dimata sikecil sehingga sikecil akan senang mempelajarinya.

2.      Mulai dengan hal-hal mendasar
Konsep yang paling mendasar dalam semua ranah photography adalah Rule of Thirds” dan “Komposisi”. Secara teori anda bisa langsung menggabung dua tehnik dasar ini menjadi satu pelajaran. Namun dengan cara yang “sederhana” sehingga mudah untuk dimengerti oleh sikecil.

3.      Teori 30% dan praktek 70%
Dengan porsi seperti ini dan lebih banyak praktek, maka sikecil akan selalu aktif dan senang. Karena jika kita terlalu banyak menggunakan teori, dikhawatirkan sikecil akan cepat bosan dan dalam pikirannya tertanam bahwa photography itu membosankan.


4.      Repeat (pengulangan)
Jangan takut untuk mengulangi kata yang sama terhadap sikecil. Ini untuk membuat mereka mengingat apa sudah kita beritahukan kepada sikecil tersebut.

5.      Berikan Motivasi
Dorongan (motivasi) terhadap sikecil akan membawa dampak yang besar terhadap mereka. Berikan motivasi agar mereka merasa bahwa imajinasi mereka sangat indah dan luar biasa.  Disamping itu dengan motivasi yang sesuai maka sikecil akan merasa dihargai sehingga sikecil tidak takut untuk menuangkan imajinasi mereka kedalam sebuah karya photo.

5 tips inilah yang mungkin akan berguna jika anda berniat untuk mengenalkan dunia photography kepada sikecil. Selanjutnya anda mungkin akan terkejut, tertawa, atau bahkan bangga setelah melihat hasil karya sikecil yang imajinasinya sangat jauh berbeda dengan imajinasi orang dewasa pada umumnya.
Semoga bermanfaat…. Salam jepret…. Maju terus photography Indonesia

5 komentar:

  1. salut ...sangat bermanfaat.....thks sahrex !!

    ReplyDelete
  2. thks sharenx cappo !!

    ReplyDelete
  3. Ok....,Sangat Bermanfaat Informasinya...,Thx...ea...N' Support U...!!!!

    ReplyDelete
  4. Kunjungan perdana. Salam kenal

    Karena anakku masih kecil, baru 5 tahun, belum ada teori yang kubagi. Apalagi aku sendiri masih amatiran :) Dia suka fotografi karena sering melihatku melakukannya sejak sekitar 1 atau 2 tahun lalu.

    Dan hasilnya, bener-bener menakjubkan :)

    ReplyDelete
  5. Mohon ijin membagi artikel untuk :
    INDONESIAN AMATEUR PHOTOGRAPHER

    https://www.facebook.com/groups/indonesianamateurphotographer/

    ReplyDelete

 
TOP