Loading...

TIPS MENYIASATI CAHAYA ALAMI DALAM MENGAMBIL FOTO


Photography adalah melukis dengan cahaya. Itu artinya cahaya akan sangat memegang peranan penting dalam usaha kita menghasilkan sebuah karya photography.
Sudah kita ketahui juga ada dua jenis cahaya, cahaya alami dan cahaya buatan. Cahaya alami adalah cahaya yang datang dari alam itu sendiri tanpa ada campur tangan dari manusia. Sebagai contoh dari cahaya alami adalah Matahari. Sedangkan cahaya buatan adalah cahaya yang ada disebabkan oleh buatan manusia, salah satu contohnya adalah flash.
Diantara keduanya ada kelebihan dan ada kekuranganya dalam dunia photography. Sebagai contoh kelebihan cahaya alami adalah intensitasnya yang kuat dibandingkan denga cahaya buatan. Namun cahaya alami dengan intensitas yang kuat itu hanya bisa kita dapatkan dalam waktu-waktu tertentu (siang hari), berbeda dengan cahaya buatan manusia yang bisa kita hasilkan setiap saat.
Kali ini membicarakan tentang bagaimana cara menyiasati cahaya alami yang kita sebagai manusia diciptakan untuk seolah-olah tidak berdaya dengan apa yang ditetap oleh Yang Maha Kuasa dan akan selalu menuruti  apa yang sudah ditetapkan-Nya.

1.     Menunggu Moment Cahaya Terbaik
Ini adalah cara pertama dalam usaha kita menyiasati cahaya alami. Dimana dengan menunggu moment-moment penting keberadaan cahaya yang sebelumnya sudah anda rencanakan maka saya yakin karya foto yang anda hasilkan akan bernilai.

2.     Menyebarkan Cahaya
Ada yang menyebut ini sebagai diffuser. Artinya cahaya yang datang dibuat lebih lembut dan merata dengan berbagai cara. Ini biasanya dilakukan pada situasi dimana cahaya alami yang datang sangat keras. 

3.     Menentukan posisi tembak
Menentukan posisi kita sebagai photographer sangat berperan dengan foto yang ingin kita hasilkan. Salah satunya adalah dimana jika subjek berada diantara cahaya yang datang, maka kita akan menghasilkan foto siluet. 

4.    Memantulkan Cahaya
Memantulkan cahaya alami dalam photography sudah sering dilakukan para photographer. Reflector adalah alat yang kerap digunakan. 


Demikian  tips menyiasati cahaya alami dalam dunia photography….. besar harapan ini ada menfaatnya baik bagi diri pribadi saya dan juga bagi semua pecinta  photography
Salam jepret….terus berkarya…. Maju terus Photography Indonesia.

5 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. mantap infonya, lokasi difoto itu saya kenal, nagara kab. Hulu Sungai Selatan Kalsel..

    ReplyDelete
  3. bener Om Muhammad Adi Riswan Al Mubarak. dan dii situ pula ulun berdomosili... salam kenal dari orang banua... :)

    ReplyDelete
  4. salam jua urang dari urang sungai raya kab. hulu sungai selatan..

    ReplyDelete

 
TOP