Loading...

Headshot Tehnik


Apakah Headshot itu?
Wikipedia defines a headshot as: “A headshot is a photographic technique where the focus of the photograph is a person’s face”.
Artinya lebih kurang seperti ini “ Headshot adalah suatu tehnik photography dimana fokusnya tertuju kepada wajah seseorang”.
Kelihatannya ini adalah sesuatu yang sederhana, namun setelah membaca artikel ini anda akan mengetahui bahwa melakukan headshot tidak semudah yang anda pikirkan...

Berikut ada beberapa tips agar hasil headshot kita menjadi lebih baik.
1.      Fokuskan pada Mata
Ada yang mengatakan bahwa mata adalah jendela jiwa. Maka dengan memberi perhatian lebih pada mata maka akan terjadi mood pada foto anda yang akan merekam emosi dari subjek foto anda.

2.      Perhatikan Angel.
Ini merupakan suatu point penting karena dengan angel yang tepat maka isolasi objek akan menemui komposisi yang sempurna.
3.      Gunakan Diffuser Light Tehnik
Untuk headshot biasanya menggunakan jarak dekat. Sangat penting untuk menonjolkan keadaan kulit, karena kulit merupakan fitur utama. Menggunakan tehnik diffuser light akan memberikan pencahayaan merata keseluruh wajah dan hashik akhir yang diinginkan adalah keadaan wajah subjek tanpa noda.


4.      Tambahkan Hair Light
Dalam headshot pemunculan detail dari subjek sangatlah penting. Dengan menambahkan hair light baik itu dari flash atau dari cahaya matahari maka akan menambah kedalaman suatu foto dimana antara subjek dengan background akan terasa tidak menyatu.
5.      Hindari Distorsi
Dalam kasus headshot, wajah merupakan komposisi utama. Oleh karena itu hindari distorsi yang terjadi terhadap subjek. Ini bisa disiasati dengan angel dan penggunaan lensa yang tepat.


6.      Setting
Ini adalah unsur yang terakhir. Dimana kita perlu melakukan setting atau pengaturan terhadap subjek untuk mencapai tujuan dari konsep yang sudah kita rencanakan.
Ini lah beberapa tips untuk melakukan headshot photography. Dan perlu anda ketahui pula bahwa tehnik yang dijabarkan disini tidak merupakan sesuatu yang mutlak dan baku.
Semoga bermanfaat …. Salam jepret… Maju terus Photography Indonesia

1 komentar:

  1. artikel yg mencerahkan.. maju terus om....

    ReplyDelete

 
TOP