Loading...

Black and White - Langsung dari Kamera atau Hasil Olah Digital

Semakin canggihnya produk camera digital akhir-akhir seakan makin memanjakan para photographer. Fitur-fitur yang ada dan dimasukkan produsen camera semakin banyak dan komplit sehingga berbuah pada kemudahan dan akan menantang jiwa kreatifitas para penghasil karya photo (photographer). 

Pertanyaan yang kadang timbul dalam benak kita saat akan membuat sebuah karya foto adalah : apakah ini harus menggunakan mode BW (black and White) atau mengunakan mode “Full Color”. Andaikan menggunakan mode BW sudah diputuskan maka akan timbul pertanyaan lagi. ”Apakah BW yang diinginkan dihasilkan dari camera atau hasil konversi dari software editing foto yang ada dalam computer ??”. inilah beberapa pertanyaan yang kadang muncul jika kita mendapatkan ide untuk membuat sebuah karya foto terlebih lagi jika konsep foto yang kita inginkan adalah foto dengan jenis BW (black and white). Andai keadaan dan pertanyaan ini terjadi pada diri anda, maka saya menyarankan untuk mengambil sebuah tembakan dengan “full color”. Mengapa ? ada beberapa alasan untuk masalah ini, diantaranya :

1.    Jika anda melakukannya dengan men-setting camera anda pada
       mode BW maka anda akan kehilangan warna asli dari foto yang
       anda hasilkan.

2.    Mengkonversi foto “full color” menjadi “Black and White” tidak 
      akan mengganggu kualitas foto anda dari segi resolusi.

Ada beberapa anggapan bahwa mengedit foto memakan banyak waktu. Namun dalam kasus ini (konversi dari  full color menjadi  Black and White), saya rasa tidaklah terlalu lama karena ada beberapa software editing foto yang mampu melakukannya hanya dalam sekali klik.


Namun yang terpenting adalah dalam usaha anda melakukan konversi dari  full color menjadi  Black and White adalah dengan melakukan editing seminimal mungkin misalnya sebatas pada konversi warna, sharpening dan sedikit pembersihan sehingga foto yang kita hasilkan masih terlihat asli dan original.
Semoga bermanfaat…. Salam jepret… maju terus photography indonesia

2 komentar:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

 
TOP