Loading...

Tips Membuat Foto Grup atau Foto Kelompok


Membuat foto grup adalah salah satu tantangan bagi photographer. Seorang photographer dituntut untuk menguasai tehnik pengambilan foto grup atau kelompok ini. Ini disebabkan karena seorang photographer pasti akan menemui hal ini. Baik itu disuatu acara pernikahan, perkawinan, pesta perpisahan, wisuda, maupun dilapangan ( sport photography ). Owh iya hampir lupa buat yang GIBOL (gila bola). Dini hari nanti ada pertandingan seru derby Manchester MU dengan City yang akan ditayangkan secara langsung di stasion Global TV pada tanggal 1 mei 2012 jam 02.00 WIB. Bahkan ada teman yang sangat antusias ingin menyaksikan pertandingan ini lalu berkata ManUtd or ManCity kepada saya
Wah…. Melenceng  dari topik nih… hehe … saya rasa tidak, karena derby Manchester ini pasti akan melibatkan banyak photographer yang sebelum kick-off ada session foto kelompok atau foto club yang akan bertanding.
Sekarang kita akan bahas bagaimana cara membuat foto kelompok atau grup yang bagus.
Ada beberapa tips yang akan saya paparkan nantinya dengan harapan kita semua akan berhasil membuat sebuah foto grup atau foto kelompok yang bagus.
Sebelum membahas Tips membuat foto kelompok atau foto grup yang bagus ada baiknya kita bahas dulu kesalan yang sering dan umum dilakukan pada saat membuat foto grup/foto kelompok. Diantaranya adalah:
1.     Mata subjek tidak satu tujuan. Ini biasanya terjadi jika ada lebih dari satu photographer .
2.     Subjek berkedip atau matanya terpejam. Ini bisa disebabkan flash yang menyebabkan subjek terkejut
3.     Ada yang tidak masuk dalam frame (terpotong).
4.     Keadaan emosi subjek yang berbeda biasanya ini disebabkan karena suasana hati yang berbeda diantara semua objek.
5.     Posisi subjek yang tidak pas sehingga menyebabkan komposisi foto jadi tidak enak untuk dilihat.
Inilah beberapa kesalahan  yang kadang terjadi dalam pekerjaan kita untuk membuat foto grup atau foto kelompok.
Setelah mengetahui beberapa kesalahan yang umum terjadi dalam membuat foto grup atau foto kelompok maka seharusnya kita menghindari atau setidaknya meminimalisasi kesalahan-kesalahan ini.
Sekarang mari kita simak beberapa tips membuat foto kelompok atau foto grup agar foto yang kita hasilkan setidaknya bernilai bagus. Kalau bisa lebih dari bagus.

1.     Persiapan
Banyak hal perlu dipersiapkan. Diantaranya adalah jangan lupa untuk mengisi penuh baterai kamera anda dan juga mempersiapkan segala sesuatunya yang nanti akan mendukung saat anda bekerja dalam membuat foto kelompok atau foto grup.
2.     Lokasi
Menentukan lokasi yang tepat akan membuat foto kelompok atau foto grup yang akan anda buat menjadi terasa berbeda.
3.     Gunakan Multilpe Shot
Ini bisa berarti anda menggunakan banyak pencetan terhadap shutter anda. Namun bisa juga anda menggunakan mode Burst untuk menghasilkan lebih banyak foto.
4.     Isolasi Subjek anda.
Ini maksudnya usahakan semua subjek yang akan anda foto benar-benar masuk kedalan frame foto anda.
5.     Atur Pose Kelompok
Memang sudah seharusnya untuk tips yang satu ini dilakukan oleh photographer, Karen dalam hal ini photographer adalah supir bagi subjek-subjeknya.
6.     Pikirkan Cahaya.
Ini sangat penting karena cahaya akan berperan besar terhadap foto yang anda hasilkan.
7.     Gunakan Tripod
Mengapa menggunakan tripod? Karena pada saat anda mengambil foto untuk membuat foto kelompok atau foto grup, tripod dapat menjadikan komunikasi anda kepada subjek tentang betapa saat pengambilan foto bahwa anda sangat serius.
8.     Senyum.
Ini harus anda lakukan. Karena dengan tersenyumnya anda maka akan memancing suasana akrab pada saat anda membuat foto kelompok atau foto grup
Inilah Tips Membuat foto grup atau kelompok dari saya. Semoga bemanfaat… keep jepret…  maju terus photography Indonesia.


0 komentar:

Post a Comment

 
TOP