Loading...

Ketahui Usia Kamera Anda dengan Jumlah Shutter Count

Pernahkah anda mendengar kata “Shutter Count”?  kata yang mungkin akrab ditelinga photographer dan penjual kamera. Shutter Count adalah suatu kata yang menggambarkan sebanyak apa kamera digunakan untuk mengambil gambar.
Sekarang timbul lagi sebuah pertanyaan “Apa pentingnya mengetahui Shutter Count dari kamera kita”.
Pertanyaan ini akan kita jawab dipostingan kali ini.
Mengetahui jumlah “Shutter Count” sangatlah penting bagi anda yang mempunyai kamera digital karena dengan mengetahui berapa “Shutter Count” dari kamera anda maka anda akan mengetahui pula umur dari kamera anda tersebut.
Kok Bisa? Apa hubungannya jumlah foto yang di jepret dengan umur sebuah kamera ? bukankah kamera sudah dilengkapi dengan memory card yang nantinya gambar dari memory card tersebut akan di pindahkan ke PC dan kita bisa mengambil foto lagi dengan menggunakan memory card yang sudah kosong.
Oke deh kalau begitu. Sekarang anda bisa membaca ini baik-baik…..
Setiap vendor kamera, baik itu Nikon, Canon, Sony, Olympus, Fuji, Pentax dan lain menerapkan teknologi dimana “Shutter Count” atau jumlah jepret kamera mempunyai ambang batas. Ini dikarenakan adanya komponen yang aus pada shutter kamera tersebut. Jadi jangan dikira kamera yang anda dan saya pakai akan selamanya bisa dipakai dengan cara menghapus file foto yang ada di memory card. Kalo “Shutter Count” suatu kamera sudah mendekati ambang batasnya biasanya ditandai dengan ketidak nyamanan pada saat kamera akan digunakan. Diantaranya adalah shutter sering macet. Berapa ambang batas untuk kamera digital yang beredar dipasaran? Saat ini tidak ada klaim yang pasti tentang hal ini. Hanya perkiraan dari vendor saja yang kadang kita dengar dan ikuti. Sebagai contoh kamera Nikon dan Canon mengklaim ambang batas “Shutter Count” dari produk mereka adalah 100.000 kali Shutter. Ini terjadi karena sering jika “Shutter Count” mencapai atau mendekati angka 100.000 ketidak nyamanan (shutternya ngadat) sering terjadi.
Sekarang bagaimana cara kita mengetahui  jumlah “Shutter Count”  kamera yang kita pakai ?

Sebenarnya ini sangat mudah. Anda cukup mendownload Opanda Exif. Silakan anda anda mendownloadnya gratis disini. Langkah berikutnya instal di computer anda. Setelah proses instalasi selesai buka software Opanda Exif kemudian buka salah satu foto terakhir hasil jepretan anda dengan software ini. Setelah foto terbuka maka semua data foto anda akan terlihat jelas salah satunya berapa “Shutter Count” dari kamera anda.Foto disamping menunjukkan angka 4394 untuk gambar yang saya buka lewat software ini. Artinya untuk gambar tersebut adalah jepretan yang ke 4394 yang dilakukan kamera saya.
Semoga bemanfaat ….

8 komentar:

  1. wah boleh di coba ni sob.

    http://www.unikgaul.com/2012/02/cara-mengatasi-kecanduan-rokok.html

    ReplyDelete
  2. thnks bro atas kunjungnnya.. pasti ane bakal kunjungin balik :)

    ReplyDelete
  3. ko ga ada bro bacaan sutter countnya? gambarnya harus fresh dari kamera atau copy ke pc dulu ni?

    ReplyDelete
  4. masa gA bs...? coba lg deh.. fotonya bs lgsung dr kmera, klo mo d copy k pc jg bs.. blh tau merek kameranya,,,,?

    ReplyDelete
  5. koq ga tertera ya mas "Total Number of Shutter Releases for Camera" yg seperti contoh gambar yg mas kasih.

    saya jd bingung..??

    ReplyDelete
  6. klo kamera fuji finefil HS20ex bisa ga?

    ReplyDelete
  7. kamera saya sony a 230 kok ga ada tulisan jumlah sc nya ya mas ??

    ReplyDelete

 
TOP